Menghitung Dosis Obat Pada Bayi, Anak – Anak dan Dewasa

Untuk mengitung dosis obat yang akan kita berikan pada bayi, anak – anak, maupun orang dewasa simak berikut ini ya shobat agar tidak adanya kesalahan dalam pemberian dosis obat pada penderita peyakit. Dan secara umum dosis pemebrian obat dalam terapi di bagi menjadi dua yakni Dosis Lazim dan Dosis Maksimum / Maksimal.

Dosis lazim adalah dosis yang pada umumnya di berikan pedoman dalam penggunannya sifatnya tidak mengingikat dan tidak menimbulkan efek samping apapun.Namun, untuk dosis maksimum / maksimal yang di berikan pada pasien yang umumya hanya di berikan untuk sekali minum perhari atau lainya agar tidak menimbulkan efek samping pada pasien itu tersebut. Dan untuk terapi lebih baik menggunakan dosis yang lazim saja.

Lanjut dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung pemberian dosis obat kepada pasien baik dalam satuan berat : Gram, miligram, mikrogam dan lain sebagainya.Jika lebih maka dalam istilah lain dosis ini di berikan kepada orang dewasa yang mempunyai efek terapautik dan bisa juga di sebut dosis lazim maupun dosis madicalis.

(Gambar obat – obatan)

CARA MENGITUNG DOSIS :

  1. Berdasarkan Umur

DM anak >8th = x Dosis maksimum dewasa

2. Dosis obat berdasarkan berat badan

Dosis obat berdasarkan berat badan ini di hitung dari berat badan yang ada pada pasien dengan begitu memudahkan dokter dalam memberikan apakah dosis lazim maupun maksimal.

Sekian Artikel Dari Kami Semoga Bermafaat

Terimakasih

Baca juga :

Apa Itu Penyakit Kolik Abdomen

Related Post to Menghitung Dosis Obat Pada Bayi, Anak – Anak dan Dewasa