Mengenal Penyakit Langkah Cacar Monyet

Mengenal Penyakit Langka Cacar Monyet

Cacar Monyet (Monkeypox) merupakan infeksi dari virus yang ditandai dengan bintil merah bernanah di kulit.

Pada awalnya, penyakit ini memliki gejala yang sama dengan cacar air, yaitu bintil merah berair.

Seiringnya waktu, bintil berair ini berubah menjadi bernanah serta timbulnya benjolan di leher, selangkangan, ketiak, atau di bagian tubuh yang lain akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab Cacar Monyet

Penyakit cacar monyet ini disebabkan oleh virus monkeypox, yang menyebar melalui percikan air liur penderita, yang masuk melalui mulut, hidung, mata ataupun luka pada kulit.

Selain melalui percikan air liur, penularan penyakit ini juga dapat melalui benda yang terkontaminasi seperti pakaian penderita.

Meski begitu, penularan cacar monyet dari manusia ke manusia ini terbatas dan membutuhkan kontak yang cukup lama.

Penularan penyakit cacar monyet ini awalnya terjadi dari hewan ke manusia, yaitu melalui gigitan, cakaran, ataupun terpapar cairan hewan yang terinfeksi virus monkeypox, seperti monyet atau tupai.

Gejala Cacar Monyet

Gejala cacar monyet akan muncul dalam 5-21 hari sejak penderita terinfeksi virus monkeypox.

Gejala awal dari cacar monyet yaitu, letih, demam, menggigil, nyeri otot, serta pembengkakan kelenjar getah bening.

Pengobatan Cacar Monyet

Pengobatan cacar monyet ini dilakukan untuk meredakan gejala yang terjadi. Dokter akan memberikan obat pereda demam dan nyeri seperti paracetamol, serta meminta penderita untuk beristirahat untuk mempercepat proses penyembuhan.

Selain mengonsumsi obat serta istirahat yang cukup, penderita juga dianjurkan untuk menjaga pola makan seperti mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan makanan rendah lemak sebagai asupan energi dalam melawan infeksi.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan untuk menyembuhkan cacar monyet. Cacar monyet dapat sembuh dengan sendirinya melalui perlawanan dari sistem kekebalan tubuh penderita.

Pencegahan Cacar Monyet

Pencegahan utama cacar monyet yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat serta orang-orang yang sedang terinfeksi.

Selain itu, beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan penyakit ini yaitu :

Menjaga kebersihan tubuh, seperti mencuci tangan dengan air dan sabun, atau pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol, terutama sebelum makan, menyentuh anggota penginderaan tubuh, dan membersihkan luka.

Hindari berbagi perlengkapan makan maupun perlengkapan tidur dengan orang yang terinfeksi virus cacar monyet ini.